Warga Banua di Yogyakarta Adakan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul

0
171

Haul Akbar Abah Guru Sekumpul, Al-Allamah K.H. Zaini Ghani, tidak hanya diadakan di Banua saja, namun warga Banua yang berada di Yogyakarta pun juga ikut mengadakan Haul Akbar. Acara haul diinisiasi oleh Majelis Ilmu Batuah yang merupakan bagian dari organisasi Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan  (PMKS) di Yogyakarta.

Meskipun diadakan dua hari setelah Haul Akbar di Martapura, jamaah yang hadir dalam acara Haul Akbar tidak kalah banyak yakni sekitar 150 orang. Jamaah terdiri atas mahasiswa, pelajar, dosen, dan pensiunan pegawai negeri yang hamper semuanya merupakan warga Banua yang kini menuntut ilmu dan menetap di Yogyakarta.

Acara Haul Akbar yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Pangeran Antasari, Yogyakarta (28/3) dimulai dengan Maulid Simtutdhorar yang dibawakan oleh kelompok habsyi At-Taqwa dari Keluarga Mahasiswa Hulu Sungai Utara. Barulah setelah itu, tahlil dipimpinoleh Guru Ahmad Martapura. Yang menarik dari acara haul kali ini adalah adanya manaqib riwayat hidup Abah Guru Sekumpul oleh Ustadz Rachmat Ramadhana al-Banjari.

Dalam ceramah singkatnya, UstadzRachmat menceritakan masa kecilnya ketika bertemu dengan Abah Guru Sekumpul, selain itu ia juga memberikan nasihat-nasihat dan amalan-amalan kepada seluruh jamaah. Acara haul kemudian ditutup dengan doa dan makan bersama.

Ditemui diakhir acara, ketua PMKS Yogyakarta, Ahmad RasyidRiadhi menjelaskan mengapa acara ini diadakan. Menurutnya, acara ini diadakan sebagai wujud kecintaan warga Banua terhadap para ulama, “Karena sebagai bentuk kecintaan kita kepada Allah, Rasulullah, dan ulama. Masyarakat Banjar terkenal dengan cirri agamisnya dan hidup pun tidak jauh-jauh dari majelis agama itu.” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here