IRAMA KALSEL: Bukti Kekompakan Mahasiswa Perantauan

0
91

Bulan suci Ramadhan dimanfaatkan oleh semua umat muslim di dunia untuk berlomba-lomba melakukan ibadah terbaik guna mendapatkan berkah yang berkali-kali lipat. Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS) Yogyakarta turut serta berpartisipasi dalam memeriahkan Ramadhan dengan melaksanakan kegiatan IRAMA KALSEL (Indahnya Ramadhan Mahasiswa Kalimantan Selatan) pada Jumat-Sabtu (25-26/5). dengan agenda berupa buka bersama dan sahur on the road.

Dalam kegiatan IRAMA KALSEL, PMKS Yogyakarta mengusungkan tema ‘Menabur Kebaikan, Menuai Keridhoan dengan Kebersamaan Mahasiswa Kalimantan Selatan di Bulan Suci Ramadhan’. Ketua panitia, Muhammad Ichsan mengungkapkan acara ini ia harapkan dapat mengobati kerinduan para mahasiswa Kalimantan Selatan di Yogyakarta terhadap kampung halaman. “Meskipun belum bisa berkumpul keluarga di Banua setidaknya bisa berkumpul teman-teman Banua di perantauan,” ungkapnya.

IRAMA KALSEL sendiri terdiri dari dua kegiatan yakni buka bersama dan sahur on the road. Kegiatan buka bersama dilaksanakan pada Jumat (25/5) dengan mengundang seluruh mahasiswa Kalimantan Selatan di Yogyakarta untuk datang ke Gedung Pertemuan Pangeran Antasari. Hasilnya, lebih dari 250 orang lebih mahasiswa Kalimatan Selatan di Yogyakarta datang dan mengikuti rangkaian acara buka bersama yang diisi oleh H. Darmawi Arsyad selaku penceramah.

Sementara itu, kegiatan sahur on the road pada Sabtu (26/5) yang diinisiasi oleh PMKS Yogyakarta diikuti oleh seluruh Ikatan KeluargaPelajar Mahasiswa (IKPM) Kabupaten/Kotadan Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (AMKS) dengan titik kumpul di Gedung Pertemuan Pangeran Antasari. Adapun, nasi yang dibagikan untuk kegiatan sahur on the road ini adalah sekitar 500 bungkus dengan jumlah relawan sekitar 200 orang. Pembagian nasi sendiri  dilakukan di enam titik meliputi Jalan Malioboro, Jalan Selokan Mataram, kawasan Bringharjo, Kawasan Stasiun Tugu, Kawasan Lempuyangan dan Kawasan Tugu dengan titik akhir di Alun-alun Utara Yogyakarta untuk melakukan sahur bersama.

Mengenai seluruh rangkaian IRAMA KALSEL, Muhammad Ichan berharap kegiatan ini dapat mempersatukan mahasiswa Kalimantan Selatan di Yogyakarta. “Esensinya kami ingin mempertemukan mahasiswa Kalsel yang ada di Yogyakarta, sehingga dapat semakin rakat(red:dekat,akrab) di perantauan bahkan sampai di Benua sekalipun nantinya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here