ARUH BUDAYA DI YOGYAKARTA

0
85

Yogyakarta- Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan(PMKS) Yogyakarta memperingati hari jadi PMKS Yogyakarta ke-19 dengan menyelenggarakan dies natalis bertajuk Aruh PMKS Yogyakarta selama dua hari yakni Jumat-Sabtu, 9-10 November 2018. Mengusung tema ‘Harmonisasi Pemuda dalam Menjaga Nilai Budaya untuk Kemajuan Banua’ PMKS Yogyakarta mengundang seluruh keluarga mahasiswa kabupaten untuk ikut serta meramaikan jalannya Aruh PMKS Yogyakarta di Gedung Pertemuan Pangeran Antasari, Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Muhammad Rayhan Arifin selaku Ketua Pelaksana Aruh PMKS Yogyakarta mengatakan bahwa PMKS Yogyakarta mengajak seluruh pemuda-pemudi Kalimantan Selatan terkhusus yang berada di Yogyakarta untuk bersatu dan bersama-sama dalam harmoni untuk menjaga budaya-budaya Banjar. “Aruh PMKS kali ini merupakan salah satu ajang untuk memperkenalkan kembali dan menguatkan budaya-budaya Banjar,” jelas Rayhan.

Aruh PMKS Yogyakarta menghadirkan kegiatan-kegiatan yang bernuansakan budaya dengan harapan melalui acara ini budaya Kalimantan Selatan dapat terus dilestarikan. Beberapa kegiatan yang diadakan adalah diskusi publik, lomba pantun bahasa Banjar, lomba baasinan, lomba balogo, pentas seni, dan pengadaan stand makanan khas Banjar.

Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh PMKS Yogyakarta mengangkat tema ‘Pander Warung: Meranakah Nasib Pemuda Banjar Dimasa Mendatang?’ dengan dua narasumber utama yakni Noorhaidi, direktur pascasarjana UIN Sunan Kalijaga dan Hairus Salim, Direktur Eksekutif Yayasan LkiS.

Semenatara itu kegiatan lomba-lomba dan pembukaan stand makanan khas diikuti oleh seluruh keluarga mahasiswa kabupaten se-Kalimantan Selatan di Yogyakarta. Pada pembukaan stand makanan sendiri, para keluarga mahasiswa menyuguhkan berbagai makanan khas Banjar seperti buras, lapat, hintalu karuang, asinan, dan iwak telang masak asam manis.

Kegiatan puncak dari Aruh PMKS Yogyakarta adalah diumumkannya para pemenang lomba dan pemberian penghargaan bagi mahasiswa Kalimantan Selatan yang telah mendedikasikan diri dalam pengembangan Kesenian Kalimantan Selatan di Yogyakarta, sumbangsih pengembangan olahraga untuk mahasiswa kalimantan Selatan di Yogyakarta, dan peran aktif dalam organisasi PMKS Yogyakarta.

Pada saat acara puncak, Ketua PMKS Yogyakarta, Ahmad Rasyid Riyadi mengucapkan banyak doa untuk keberlangsungan PMKS Yogyakarta. “Selamat ulang tahun PMKS Yogyakarta yang ke 19 tahun, semoga lancar, jaya, semakin maju. Anak Banua, Lestari Budaya, Lestari Banua!”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here