ARTI LAMBANG

ARTI LAMBANG PMKS YOGYAKARTA

Lambang organisasi berupa lingkaran surya yang berbentuk segi lima sebagai cerminan sila-sila Pancasila dan warna hijau yang menggambarkan kekayaan hasil hutan dan kesuburan daerah Kalimantan Selatan, serta di dalamnya terdapat:

  1. Tulisan melingkar Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan yang berwarna hitam sebagai cerminan persatuan dan persaudaraan kedaerahan mahasiswa Kalimantan Selatan.
  2. Gambar intan berwarna putih bersinar sebagai cerminan kecemerlangan dan kejernihan berfikir warga PMKS Yogyakarta juga tertulis “Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan Yogyakarta” membentuk lingkaran yang menglilingi rumah dan buku.
  3. Gambar buku terbuka bertuliskan PMKS Yogyakarta menggambarkan PMKS Yogyakarta yang sedang mengemban misi studi di Yogyakarta.
  4. Gambar rumah adat dengan penyangga 13 tiang mencerminkan jumlah kapubaten/kota di Kalimantan Selatan dan warna kuning keemasan menunjukkan warna khas kedaerahan.
  5. Gambar sepasang mandau dan tameng adalah mencerminkan ornamen kesukuan.
  6. Gambar perahu kecil di atas sungai adalah menunjukkan cerminan geografis wilayah daerah Kalimantan Selatan, juga sebagai simbol semangat kebersamaan dalam semboyan “Kayuh Baimbai”.