Perhelatan Selendang Sutra, Promosikan Budaya Banjar

Perhelatan Selendang Sutra, Promosikan Budaya Banjar

0
10

Yogyakarta – Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS) Yogyakarta diundang oleh Dinas Kebudayaan Provinsi D. I. Yogyakarta untuk menyemarakkan Gelar Etnis Budaya Selendang Sutra tahun 2020. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 September 2020. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Selendang Sutera masa pandemi ini diselenggarakan di asrama masing-masing provinsi. Acara ini diselenggarakan di Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat, Yogyakarta. Acara Selendang Sutra tahun ini pun punya konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini Dinas Kebudayaan DIY mengharuskan agar kegiatan tersebut didokumentasikan berupa video.

PMKS Yogyakarta menyiapkan standar Kesehatan berupa hand sanitizer dan masker untuk semua peserta dan pengunjung. Harapannya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini dapat melestarikan budaya Kalimantan Selatan. Beberapa kebudayaan Kalimantan Selatan yang dipamerkan berupa makanan tradisional, pakaian tradisional, tarian tradisional, dan alat musik tradisional. Ada pula penampilan fashion show kain sasirangan untuk mempromosikan kain khas Kalimantan Selatan tersebut.

Sanggar Junjung Banua salah satu badan semi-otonom dari PMKS-Yogyakarta juga menampilkan beberapa pertunjukan. Mereka mementaskan seni tari dan musik. Musik yang ditampilkan oleh PMKS adalah musik panting dengan irama melayu khas Banjar. Pada kesempatan kali ini Sanggar Junjung Banua membawakan lagu berjudul Sijantung Hati lawan Karindangan. Ada pun tari yang ditampilkan ialah Tarian Manangguk, di dalam tarian itu menceritakan tentang masyarakat Dayak Maanyan yang sedang mencari ikan di sungai. Pemilihan tema tari Dayak ini bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa Kalimantan Selatan mempunyai dua elemen dalam kultur budaya, yaitu Budaya Banjar dan Budaya Dayak. “di tahun-tahun sebelum nya, kami menampilkan nuansa Melayu Banjar, khusus untuk event tahun ini nuansa yang kami pilih adalah nuansa Dayak Maanyan” ucap Ketua PMKS-Yogyakarta, saudara Ronald Hendrawan.

Dalam acara yang meriah ini dihadiri oleh Dinas Kebudayaan DIY, Biro Kesra Pemerintah Provinsi Kalsel, serta seluruh mahasiswa Kalimantan Selatan yang sedang berada di Yogyakarta. “Kami berharap kegiatan ini bisa mempromosikan dan memperkenalkan seni budaya Kalimantan Selatan di Yogyakarta. Semoga dapat meningkatkan minat,wawasan, apresiasi, dan persepsi masyarakat Yogyakarta terhadap kesenian Kalimantan Selatan” Kata Drs. Irwan Afiadin, Kabag Kesra Pelayanan Dasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here